MEKANISME ROBOT BAGI PEMULA

Belajar dari pengalaman KRI dan KRCI 2004, kangtoyo adalah salah satu kontestan “YANG KALAH” tanding. Begitulah bahasa konyolnya, sebab sebagai pemula sangat banyak kendala yang dihadapi. Salah satu faktor penting adalah “dana”, sebab mau tidak mau yang namanya membuat robot sama halnya dengan penelitian. Bahkan bisa jadi konstruksi robot memerlukan berulang-ulang perubahan yang menyerap banyak dana. Inilah yang biasanya  terjadi pada para “pemula” penggemar robotika. Hal tersebut karena perencanaan yang instan dan kurang tepatnya mainset para pemula untuk membuat robot. Oleh karenanya beberapa kebiasaan yang perlu dipertimbangkan adalah:

1. Janganlah terlalu cepat berangan-angan menciptakan robot yang canggih, fokuskan dan pelajari dahulu apa tugas utama robot yang akan dibuat.

2. Pikirkan bahan-bahan yang simple dan mudah didapat, misalkan kayu, fiberglass, triplek,  atau aluminium. Tentunya lakukan terlebih dahulu perhitungan mekanika sederhana sesuai beban kerja robot.

3. Desainlah se sederhana mungkin, meliputi bentuk dan dimensi. Misalkan desain robot untuk membawa balok tidaklah perlu dibuat seperti katrol, sebab terlalu tinggi dan lambat, pakai saja prinsip  pengangkat (load handling means) yang dipakai menumpuk box packing di pabrik.

4. Usahakan membuat komponen sendiri untuk disambungkan ke penggerak, misalkan roda gigi dari bahan plastik atau aluminium, sebab mengandalkan barang bekas dan bentuk yang sudah ada akan menghambat terciptanya konstruksi yang simple dan tepat.

5. Yang paling penting adalah buatlah gambar desain dahulu, sehingga anda membuat dan memilih mekanisme berdasarkan gambar dan ukuran yang pasti.

bersambung……….

34 Tanggapan

  1. apakah kamu seorang pemula saperti aku

  2. maksoed loe

  3. saya lg ni mas.maaf banyak bertanya maklum = kira kira jika mencari alat2nya seperti alat2 elektronik dan mekaniknya ada tidak di pasaran. jika tidak saya harus mencari dimana.karna saya tinggal di bandung kira2 dimana ya mas?.robot apa mas yang telah mas buat.boleh minta fotonya tidak.jika boleh kirim dong ke i mail saya.www.starwedajapan@yahoo.com bisa tidak bisa y, sekalian sama plasma reactornya mas, trims y

  4. mas trims wat gambar circuitnya y saya akan coba.

  5. pak, saya mau tanya, bagaimana cara membuat robot sederhana? saya ingin skali bisa membuat robot. saya baru kelas 5 SD.

  6. mas, saya boleh minta dikirimkan jg cara membuat robot yang simple,soalnya saya msh pemula bgt,,
    tp, saya seneg ma elektronika..
    tolong bantu ya mas..

  7. Assalamualaikum,
    kang tnya ya… aku punya laptop, mainboard mati, LCD-nya bisa di gunakan tidak? untuk monitor TV misalkan..? bagaimana caranya? hatur nuhun.

  8. saya minta artinya rule KRI 2009? n gambaran robotnya. Coz, aq dari politeknik perkapalan.

  9. gambarnya mana bozzz??

  10. Mas saya minta tolong… saya masih pemula anggap aja masih dasar tentang pembuatan robot…. tolong dong kirimin bagaimana membuat robot,dan truz tolon dong kirimin selengkapnya dari Gambar d PCB atau circuit di PCB…. dan lain-lain… kayak bahan2 robotnya,gmn rangka dasarnya dll.. trima kasih sebelumnya mas….

  11. ada yg tahu cara buat progam robot gunakan linux aku msh pemula dlm pemrogaman ????
    T_T

  12. assalamualaikum…mas saya pemula nih mau tanya buat robot itu bagai mana sih? dan cara kerjanya bisa kita atur tidak ? dan memakai perangkat lunak juga gak? apakah robot bisa kita pakaikan procesor ? mohon pencerahannya. tolong di dikirim ke email saya yah mas putra_mc10@yahoo.com … saya ucapkan banyak terimakasih

  13. bagus ni blog….. hebat euy

  14. siipppp…..artikel yang memberi masukan dan motivasi bagi pemula nih…, o y rekan bagi yang memerlukan keperluan atau referensi yang mungkin anda perlukan silakan kunjungi blog http://www.peotro.blogspot.com.
    SALAM ROBOTIKA!!!

  15. kak saya juga pemula, dan pengen banget bisa buat robot ya setidaknya robot sederhana…..
    kak tolong dong… anggap aja masih dasar tentang pembuatan robot…. tolong dong kirimin bagaimana membuat robot,dan truz tolong dong kirimin selengkapnya dari Gambar d PCB atau circuit di PCB dan penjelasan-penjelasannya…. dan lain-lain… kayak bahan2 robotnya,gmn rangka dasarnya dll.. trima kasih sebelumnya kak….

  16. kak,, thu komponen2nya apa aj?
    butuh bahan apa aja? kirim d emailku ya.. cpt blz..
    kezz_evannico@yahoo.com

  17. kak… tolong kirim fotonya sekalian ke emailku ya ananta_bintang@rocketmail.com ……. aku baru mau blajar bikin robot,, plis y!!!!

  18. eh sekalian sama caranya y

  19. Hello Gan……..

    sy seneng banget dengan elektronika. sy ingin sekali membuat robot yg sederhana….kira gmn ya???
    tolong bantu ya………….kirim aj Gan ke Email Aqu….
    rawiancaem@ymail.com…….d tunggu ya Gan?????

  20. kak, saya pengen bgt buat robot lah, bagaimana sih sebenarnya alat-alat dan cara pembuatannya?
    saya penasaran dan suka robot, kak. saya belum pernah sama sekali membuatnya.
    tolong kirimkan cara, alat, dan foto-fotonya ya, kak.

  21. kirim ke e-mail aku ya, kak
    fathin_abiyyu@yahoo.com

  22. softwarnya gmana ????

  23. softwarenya gmana????

  24. saya masih sekolah sd tapi saya ingin membuat robot sederhana

  25. Kak, saya suka sekali dengan elektronika. Nah Kak sebulan ini saya lagi mempersiapkan pembuatan gambar desain robotnya dan gimana sih,, Kak cara memasang perangkat LED, LDR, dan perangkat lainnya. terima kasih,, Kak..

  26. […] with IC 4047Simple Flyback Driver for Plasma's ReaktorINVERTER 24 V-dc TO 220 V-ac 300 WATTMEKANISME ROBOT BAGI PEMULAPerhitungan "awg" kawat lilitan Trafo/Coil/Flyback/FeedbackPROTEKSI ARUS DAN TEGANGAN LEBIHTEKNIK […]

  27. ajarin dong carabuat robotnya soalnya aku pengen dan hanya bermodal kemauan dan tekat meski aku tidak tahu ala-alat dan bahan untuk membuatnya

  28. harus bermodal biaya juga e bos🙂

  29. ass…
    bagai mana sie cara membuat robot sederhana bagi pemula????
    soalnya saya pengen membuat skripsi tentang robot…

  30. kang toyo tuh orangnya so tau… coba donk kasih tau gambar robot dan fubgsinya di blog….

  31. alhamdulilah aku udah bisa membuat robotnya………….
    trimakasih ya……….

  32. Assalamu’alaikum.. pak saya masih sangat pemula sekali tentang yg namanya robot. pernah ngeliat langsung robot, tapi ga ngerti gimana cara buatnya. kalau ga keberatan tolong pak, ajari cara buat sebuah robot untuk pemula awal seperti saya. dari desain, alat-alat yang dibutuhkan dan dimana saya bisa mendapatkannya sampai cara membuat dan memasukkan programnya. maaf merepotkan, ini email saya pak : my.adventure89@gmail.com

  33. Pak, tolong gimana cara bikin robot yang dapat digerakan dengan laptop . Kami anak sd kelas 5 kami ingin membuat robot jadi tolong di jawab

Tinggalkan Balasan

