Bahan Bakar Alternative dari Kulit Jeruk

Ide ini muncul ketika saya dan kawan2 lagi datangi kondangan di rumah seorang teman. Biasa lah kondangan itu sudah umum dengan macam-macam istilah seperti “Jagong, Nyumbang, Resepsi, atau yang agak keren disebut Party…klo acaranya para pembalap ya sebut aja standing party, tapi itu “pembalap makan” sebab sekali datang bisa 7 menu disikat habis kayak valentino rossi menyikat tikungan. Singkatnya pada waktu acara itu kami mengakhiri makan2 dengan menikmati buah jeruk, dan cara makan kami pasti sama dengan cara para pembaca yaitu tidak dimakan kulitnya.
Nah karena kulit jeruk itu tidak dimakan dan begitu berserakan disekitar saya, maka tumbuh ide usil dalam diri saya. Awalnya saya melihat kawan2 segera menyiapkan amunisi (korek dan rokok), setelah jatah jeruk mereka habis dimakan. Maklum saya paling benci rokok, oleh sebab itu ingin rasanya usil sama perokok. Ceritanya pas seorang kawan mulai menyulut rokok dengan sebatang korek api,saya ambil selembar kulit jeruk kemudian saya tekan ke arah api dengan tujuan agar semprotan cairan kulit itu mematikan nyalanya. Tetapi alangkah terkejut saya ketika tau akibatnya, karena api yang saya harapkan padam itu justru membesar seperti bensin yang disemprotkan pada nyala api.
Sejenak saya berfikir ” bagaimana jika sampah kulit jeruk itu dikumpulkan, dari satu rumah, satu kecamatan, atau bahkan satu kabupaten?”
“bagaimana jika terkumpul satu hari, sebulan, kemudian setahun?”
Pasti hasilnya adalah ber-ratus ton atau ber-juta ton kulit jeruk. Jika benar ada kandungan bahan yang mudah terbakar, maka dapat dipastikan akan tercipta sebuah bahan bakar alternatif. Penulis sedang memulai riset mengenai hal itu, dan jika para pembaca telah mengetahui lebih dahulu tentang adanya riset yang sama saya harap dapat memberikan komentarnya. Terimakasih

26 Tanggapan

  1. Saya juga waktu kecil sering banget main tuc kulit jeruk sama korek api, biasa kenakalan serta rasa ingin tau waktu anak2.;
    gue dukung tuh idenya, bhan bakar dari air kulit jeruk.ap lagi semakin taon persediaan minyak mentah di bumi ini semakin menipis.
    But yang jadi masalah, berapa banyak buah jeruk yang musti di petik untuk menghasilkan 1 liter bahan bakar, belum lagi sampe 1 barrel..?
    wah tak terbayangkan berapa hektar tanah yang musti ditanamin buah jeruk untuk memenuhi kebutuhan akan Bahan bakar dunia.
    Sama halnya bahan bakar Bio solar dari kulit buah jarak,….
    Tapi hayo semangat untuk menemukan alternatif bahan bakar masa depan yang ramah lingkungan, demi anak-cucu kita…
    Wasalam.

  2. sip lah pemikiran yg bagus,…hehe namanya juga angan2, lha daripada sampah ga dimanfaatkan? lagipula kulit yang telah diambil airnya masih dapat digunakan untuk bahan baku biogas (tambahan), sebab itu sampah organik kan?

  3. wah ide kulit jeruknya menarik juga tuh….
    tapi bagaimana klo diganti dengan air mineral/air laut?
    waktu saya gogling, saya menemukan “energi aternatif tersembunyi” yaitu air saya lihat mereka terapkan pada mobil, motor, dan mesin Las
    dalam hal ini air di elektrolisa dan kemudian dapat menghasilkan gas hidrogen, kemudian gas tersebut dipakai sebagai bahan bakarnya… yang mereka sebut HHO, selamat mencoba.
    Keyword : HHO

  4. HHO sbenarnya dah lama ada, baru akhir -akhir ini saja di indonesia mulai muncul seperti pada penelitian Banyu geni (UMY), juga proyek Pak Joko yg bermasalah itu, dan beberapa malah dicoba oleh anak2 STM. Hanya saja saat ini energi untuk menghasilkan HHO lebih besar daripada energi yang tercipta. so bagus aja buat referensi tetapi masih saja bukan alternatif, sebab itu namanya pemborosan energi (pendapat kangtoyo).

  5. good idea..
    saya jadi teringat juga waktu kulit jeruk airnya kena mata .. terasa pedes,… bagus juga saya kira tuk buat bahan alternatif gas air mata tuk pak polisi anti hura hura, kerjasamanya antara pol pp yang sedang garukan PKL kususnya pedagang jeruk di dekat alun alun , nah … tuh kulitnya bisa dimanfaatin …. ya gak boss :D

  6. benul daratista alias betul mas ..hehe

  7. mas. . .
    aq juga punya rencana buat tugas akhir dengan membuat bahan bakar alternative dari kulit jeruk ni. .
    tapi saya masih mau riset dulu. . .
    gimana pendapat mas. . .?

  8. ya boleh saja donk, malahan ntar aku dikabari hasilnya…OK

  9. wekeke, blogmu tambah apik kang, bagus bagus …

  10. yo ak malah ra tau mbukak

  11. gw jg pernah ni… tapi gw nemunya dah lama bgt… wktu gw msi kcil… biasalah lg maen api, trus gw ngliat pembantu lg ngupasin jeruk samr2 kluar air di kulitna… gw coba deh, maunya ngematiin apinya tapi malah makin gede…..

    skrng gw lg nyoba bikin karya tulisna ni uat lomba, klo menang bisa mulus ke dunia perkuliahan…..

    doain ya….

  12. saya baru akan memulai penelitian buntuk bahan bakar dari kulit je3ruk yang anda maksud

  13. saya baru akan melakukan penelitian tentang bahan bakar yang anda maksud

  14. saya juga lagi meneliti biogas dari sampah buah jeruk dan mangga, jeruk di swedia dipisahkan karena kandungan limonen yg membunuh bakteri, tp ternyata dgn campuran mangga bisa menghasilkan biogas yg lebih tinggi, sy jg belum tau mengapa bisa terjadi begitu

  15. sama, saya juga telah lama menemukan hal ini, dan sekarang saya akan membuat karya tulis tentang kulit jeruk tersebut.

  16. mas ko’ sama cey… ak jg sngt tertarik. dr dl smw dah d sypin cm bhn kimia pembantu pembuatan nya blm dik.
    bahkan dl ak pernah jg ngumpulin air kulit jeruk.. trz buat jaring2.. persis jaring buatan laba2,, sampe2 pas d bwt di 2 jari. jari na malah lengket. apalagi yg terkandung dlm kulit jeruk??

  17. yup. sy sgt tertarik dengan idenya si mas ini…. tapi mau tanya nih,, minyak atsiri ini bisa ga ya dipakai tanpa campuran minyak goreng?

  18. sama bgt…..sy jga lgi bikin karya tuls tntg kulit jeruk. eh, dah bunyak banget. so gk jdi deh.liat yang dah jdinya z deh.he…..

  19. iah yaaa…….
    ud lama ngliat kejadian kya gni,,tp ga pernah kpikiran bs di jadiin bahan bakar alternatif….tetep berkrya anak bangsa[heeee]

  20. nice info,,,thx yaaa

  21. pelajari rumus dan reaksi kimianya dulu om…. kulit jeruk bisa dibuat etanol dengan bantuan enzim pektinaze untuk memecah dinding sel kulit jeruk dan membantu ekstraksinya……selamat mencoba. tanaman tembakau bisa dipakai untuk membuat enzim pektinaze nya.

  22. maksih banyak infonya

  23. itu dia!! ,gmn cara menampung gas dari kulit jeruk supaya bisa digunakan tuk di coba,,ayo kita pikirkan bersama

  24. bru” ne aq bru” adza menemukan sebuah penelitian tentang sebuah penelitian kulit jeruk ne. waktu qm d warung, ada seorang penjual nasi anknya punya buah jeruk. lalu aq minta jeruknya n aq kupas kulitnya,temen aq d sebelah membawa korek mencoba ingin membakar,lalu aq terkejut melihat ada nyala api dari hasil xg qm lakukan tersebut. ternyata d dlm’nya terjadi kandungan bahan bakar.

  25. yang mau riset,coba lihat tembakau siapa tau membantu

  26. Wah, ketinggalan start aku,,,
    Moga aja pak b. ind tidak tau kalau sudah ada penelitian seperti ini,,,

Tinggalkan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

