12 VDC to 220 VAC-inverter with IC 4047

12v_dc_to_220v_ac_inverter_with_4047

Thanks buat u smua yang tanya soal rangkaian inverter DC to AC,moga bermanfaat.

Biasanya orang pengin membuat inverter untuk mengganti suplay listrik saat PLN padam.N so kita butuh suplay 220vac dari sumber batere yang cuma 12vdc,meskipun telah banyak rangkaian inverter akan tetapi masih bingung bagaimana membuat inverter untuk membackup konsumsi yang rata-rata 450watt.Padahal sebenarnya permasalahan adalah pada cara memilih Transformator dan sumber DC-nya, But Ok dibawah ini mari kita menghitung bersama-sama:

Rumus dasar : P(daya) = V(tegangan)xI(Arus)

DAYA INPUT TRAFO = DAYA OUTPUT TRAFO

Misalkan kita ingin daya output inverter 480 watt pada 220 Vac maka arus output menjadi 2,18 ampere, dan tentunya pada input 12 Vdc harus menggunakan 40 ampere. hal ini dari perhitungan:

220 volt x 2,18 ampere = 12 volt x 40 ampere

dari hitungan di atas kita bisa memilih trafo step-up dengan karakter lilitan input mampu sebesar 40 ampere (trafo CT 40 ampere), jadi gunakan saja sumber DC yang mampu mensuplay misal Accu 12v 70-150 Ah keatas (makin besar makin lama waktu inverter dapat digunakan,cari saja rumus pemakaian accu misal di buku New Step I Toyota) .

Jika penggunaan ingin otomatis saat listrik PLN padam inverter langsung bekerja silahkan dipasang rangkaian bypass dan ditempatkan setelah output box sekering PLN. Klo butuh rangkaian ya sabar yach;)

SELAMAT MENCOBA, KLO GAGAL YA SABAR!!

104 Tanggapan

  1. mas, kuat g untuk ngidupin satu komputer sama dua solder

  2. mas mau tanya, 2N3055nya pada rangkaian inverter dengan IC4047 ada 6 buah dan C1061 ada 2 atau 2N3055nya 2buah dan C1061nya 2buah. terus R-nya pake yg berapa watt. oya kira-kira habis berapa untuk buat itu semua. jawabanya kirim ke alamat email aku aja.

  3. 2N da 6, C1061 da 2, biaya ya u blanja dulu ntar jg tau sob….. R 1 watt lbh aman

  4. Mo tny mas, itu inverter 12v to 220v outputnya sinus atau blok? kalau tegangan blok tidak cocok buat rangkaian elektronik. saya pernah coba buat hidupin computer, hasilnya ower suplay jadi over head. trims atas jwbannya

  5. outputnya blok mas, emang lebih bagusnya untuk elektronik ya tambahkan UPS. inverter ini kan baiknya untuk darurat misal lampu penerangan….so emang butuh dana mahal buat jadikan output yg sinus…atau coba tambahkan filter+splitter dan HV power amplifier

  6. Mas saya mau tanya, untuk inverter kap.1000 watt, berarti kita musti pake trafo 80 amper yac.
    and gambar rangkainnya sama ngak dengan sebelumnya, ap musti di pararel lagi TR-nya biar mampu untuk Trafo 80 ampre trsb
    jika bs krimkan lagi gambar untuk kap.1000wattnya.
    Trima kasih banyak saya ucapkan

  7. aduh mas firman…aku nih cuma ngasih referensi aza tuh, ya u konsultasi sama orang elektro aja ya hehe yang tau persis hitungannya. transistor yg digunakan juga perlu diperhitungkan to? sebab arus yang mengalir harus sesuai dengan spesifikasi transistor, klo mahal-mahal buat inverter mendingan beli Genset plus stabilizer.

  8. Mo nanya mas, misalnya klo kita pake aki motor kuatnya kira2 brp jam dengan beban skitr 50w.., n klo ada tlong di kirimin jg gbr daerh solderny,, thanks…

  9. Askum kang toyo sing puinter bget… Kang klo trafo yg ku pake 5A n akix 10A dya yg dihasilkan brapa? Krim jg skema inverter terbaru? Trimakasih,sblumx..

  10. Assalamualaikum Wr Wb
    Kang Toyo punya rangkaian Converter 110VDC to 12VDC ? Kalau ada tolong kirim gambarnya ke email saya, trim’s.

  11. googling aja yaaa

  12. apa ngak ada pcb dan jalan kah alat inverter ini!
    tlong kabari saya!
    email saya: dex_bone@yahoo.co.id
    thank’s

  13. kang q mo tanya ???? untuk trafonya pakai yang core ferit pa core besi biasa??kalo core besi kan banyak yang jualan

  14. oh ya lupa kang tu v input trafo brp?? 6 volt pa 12 volt ct… makasih kang ditunggu jwbnya

  15. kang pa sih ic yang digunakn selain 4047 di inverter ini??

  16. kalo mau 450w keluaran inverternya pake trafo yang berapa ampere ya??td mksdnya gt..

  17. HALLOOOOOOOOOOOOOOOOOO SMUA!
    AK LG NGURUS ANAKKU YG CAKEP LAHIR 27 MARET KMAREN
    MAAP LG GA MO MIKIR BLOG…N TANYA JAWAB DULU
    TUNGGU BULAN MEI AJA!!!!! THANKS

  18. saya punya rangkaian yang lebih bgus,mau? kalau mau entar saya kirimin,maklum saya masih belajar mendesain sebuah inveter,karena selama ini saya buatin ampli gitar terus.kalu inveter sederhana tanpa ic saya sudah sering buat,tapi kalau pakai buzer kayak yang buatan sina saya masih coba2,terima kasih pak.

  19. assalamualaikum

    mas toyo saya minta skema rangkaian inverternya
    matur nuwun

    wassalm

  20. ass….
    mas mau tanya
    1.klu travo step up 40 ampere klu diganti travo step down bs g”
    2.seandainya travo step up 500va untuk komputer dibuat dc to ac bisa g’ brp arus keluar outputnya

  21. mas,
    klo inverter gelombang kotak tersebut dipakai untuk charger hp/laptop bisa gk y?krn klo ke daerah pedalaman sangat mmbantu.

  22. kangtoyo saya mau minta tolong rankaian inverter yang kluarannya udah sinus. atau yg mendekati sinus (gel gergaji) makasih

  23. Sy menjual PCB inverter
    DC to AC (12Volt to 220volt)
    Bagi yg ingin memiliki / merakit sendiri inverter bisa kontak sy di HP )81237344483 / 081836148
    YM ID =wmardana

  24. mas.. punyaku pake ic 4047 trus pake ic 4001. disambung ke c1061 + tr 2n3055 boleh nggak mas..???? tolong kirim ke emailku dong… jawabannya….please???!!!!!

  25. klo inverter buat motor2 besar infonya bs dpt dmana yah…plis lg cr literatur

  26. oh ya klo mau blajar tentang lift dan sejenisnya bisa baca di blog saya http://www.elevator-world.blogspot.com

  27. kangtoyo, klo punya rangkaian mesin las listrik, tolong dikirim ke email saya dong. soale temenku pengen buat las listrik

  28. kangtoyo, maksudnya skema rangkaian mesin las listrik yang lengkap.

  29. Ass.mas saya mau masang amplifier home audio yang pake listrik dari pln mau kupasang di mobil,mau tanya dong rangkaian diatas dah bisa blom ya?klau blom mungkin bisa ditambah rangkaian apa ya?bolehkah dikirim di email saya ,terima kasih.

  30. Mas kalo inventer 500wat beli di toko electro perlu teravo 40ah gk?

  31. wes2…penak gawe dwe…timbangane tuku

  32. mass gw mau ty ne da rangkaian inverter yg mampu daya 2000 watt ga???

  33. Ass. mas, pada rangkaian inverter menggunakan trafo merk ERA 12v 7a, untuk perhitungan trafo nya gmana ya kl bs skalian rumus nya, maklum saya anak ekonomi tp lg seneng2 nya sama elektronika, kl mas g keberatan kirim ke email saya ya??? terima kasih sebelum dan sesudah nya….wass

  34. mas tolong di email cara pembuatan inverter DC-AC kapasitas besar selengkap lengkapnya. makasih dan semoga sukses selalu

  35. kang toyo mau tanya,pnya rangkaian accu di buat ngecas henphon skmany punya ga,krim ke email aku ya.Trimakasih

  36. salam kenal kang…
    kulo ajeng tanglet, rangkean wat menghidupkan lampu mobil 100w/24v dengan ngunain AKI 12v tu bisa gak?
    lo bisa, gimana cara buatnya?terus rangkaiannya gimana?
    tolong bantuin ya kang cz lampu motor ku pengn aku bikin nyala terang..
    aku minta skema inverternya ya kang..
    di kirim ke Email ku ja…
    Hatur Nuhun…

  37. Kang toyo gmn cara buat cas hp dari aki motor,rangkaianya gmn?

  38. mas sy baru belajar elektronik,bagaimana caranya membuat inverter DC ke AC,tlg kirimkan gambar rangkaian dan komponen apa saja yang diperlukan. terima kasih atas bantuannya.

  39. mas bisa minta layout pcb inverter yg 1000w g,q pngn buat inverter ni,klu bs krm ke emailq y.plisss,,ditunggu blsnny loh. antoryans@yahoo.co.id .oy mas skdr informasi nih,ups bisa dipk tuk ngidupin lampu yg model xl atau u.tp jgn dpk tuk ngdpn lampu TL krn bisa merusak rangkaian inverter yg terdapat pd ups trsbt.y ud mas itu z info dr aq,sblm n ssdhny q ucpn terima kasih.

  40. mas, gambar rangkaian bypass-nya udah ada belum, boleh dong ditampilkan diblog atau boleh dikirim ke emailku aja

  41. infonya kurang noh…
    payah ahhh…
    gak ada taste…

  42. mas toloooooong bangaet rangkaian inverter dc-ac di atas 1000w sangat membutuhkandan kalau ada cara membuatnya tolong di bantu saya makasih mas

  43. HAI SEMUA SAJA BAIK KAWAN MAUPUN KAWIN TOLONGIN DONG AANNE UNTUK BISA DAPETIN SKEMA INVERTER DAYA BESAR UNTUK ANE BISA JUALAN ICE CREAM SOALNYE KLO MAKAI GENSET BERISSSSSIIIIIIIIIIIIIIKKKKK

  44. gambarkan rangakaian setrum ikan

  45. nmpang tanya .
    ada gambar rangkaian inverter yang paling sederhana ga . ? ga rumit gbarnya . kalo bisa yang ga pake transistor 2N3055 .

  46. saya butuh inverter DC 24 to AC 220 volt, 1000 watt dan DC 24 to DC 12 Volt, 35 Ampere. kira2 harga berapa? sy butuh banyak sekali

  47. Nanya,bos…Law rangkaian las listrik,yang bwt 450watt.Ada gak ya..Nuwun.

  48. mas..alat terapi sex ku mo tak kasih inverter biar nyetrum nyetrum gitu, tapi tegangan yang 50volt AC aja .ada schemanya?. balas nya..kalo ndak tak setrum kamu…thanks..ttd: diah

  49. assalamualaikum,
    salam kenal mas, sya mau tanya bs ga ya pke travo step down bekas ampliplayer,ditempat sy nyari travo step up 12v ke 220v ga ada yang jual,yang ada cmn 110v ke 220v.jdi gmn ya? sy tgg jawabannya ya mas atau krim ke email saya (zaen512@yahoo.co.id)

  50. bro ada ramgkaian inverter 1000watt g
    tolong krm k email q y
    thx

  51. assalamualaikum….
    mas, ada ramgkaian inverter input 12 vDC- output 220vAC/1000watt g
    tolong krm k email q y
    terimakasih
    wassalamualaikum.wr.wb

  52. saya juga punya rangkaian 3000va sip.. masih uji coba proyek…salam kenal

  53. kang toyo, skema yang ini sama kaya inverte TBE gak?
    untuk trafo apakah bisa dipake trafo CT yang biasa di pasaran (misal merk BELL). mohon pencerahannya kang…thx

  54. Assalamualiakum,
    Untuk semua yang ada di blog ini. Aku minta bantuan bagi yang bisa kirimin aku rangkaian inverter 1000 VA yng pake mikro ATMEGA..
    Tolong please kirim ke email aku…II (iman.hafitri@hotmail.com) atau (i_myelektro@yahoo.com). bila perlu ada reward bagi yang bersedia membantu.

    Terimakasih
    Wassalamualiakum wr.wb

  55. Saya punya rangkaian inverter 12 V ac dan 24 V dc. Menurut Kang toyo, yang mana baik digunakan untuk panel surya dan yang bisa tahan lama? Oya, apakah disesuaikan dengan akinya? Untuk trafonya saya menggunakan trfo yang sama yaitu T-20!

  56. Assalamualaikum wr.wb
    Ada yang bisa bantu aku kirim rangkaian inverter 1000 VA berbasis Mikro ATMEGA8535…
    please bantu aku (bila perlu aku kasih reward bagi yang bantu) kirim ke email iman.hafitri@hotmail.co.id / i_myelektro@yahoo.com

    Thanx

  57. Mas..
    ku pke tr 3055 10 buah ic 4047 dan lm358.
    ku bingung nyari resistor 0.1 ohm 10 watt.
    dri rangkaian yang kudapat dy nyuruh pke R sgtu.
    gmna mas…
    Klo R nya d paralel kan Daya R nya gmna…

  58. aku pingin buat mesin las inverter. aku udah cari tapi gak ketemu. tolong bantu aku yang ada skemanya. sebelumnya terimakasih atas bantuannya.
    email ku: a_wins29x@yahoo.com

  59. hai……………. semua, aku boleh mintak rangkaian carger accu otomatia g bagi yang mau berbagi ilmu boleh dong kirimin ke (waendi.gemini26@yahoo.co.id) thenk… sblumya

  60. mas saya mau buat alat strum ikan bagaimana rangkaiannya, apakah hrus pake travo 10 Amp. dan accu yg besar,

  61. slm kenal,sy hobby buat2 sndiri paralatan listk/eletronik terttma dr brg2 bekas yg dibuang sayang,sy udh coba buat inverter ke 220 v dari accu bekas mobil yg teg tinggal kira2 10 v (mngkin rusak 1 sel) ttp blm memmuaskan,apakah rangkaian mas toyo bisa utk teg. 10 volt,gunanya utk lampu saja kalau pln mati,paling2 30 watt udah cukup,spy dari accu 60 ah bisa lama nyalanya.tks.

  62. Trans. 2N3055 tu yang kayak jengkol ya ? Ñ skarang hrganya udah naek smua 1 biji 5 rb perak, kalo pake 10 biji ñ sama koponen laen, berapa duit ?! traponya juga, 20A 300 rb lbh… Mending beli UPS skalian…

  63. kang sblmnya salam kenal, q mau bwt inverter dc 12volt jadi +ct – caranya gimana ya!!! q co ba beberapa kali tapi tdk berhasil ,kang tolong bals k email saya yya!!!

  64. kang toyo..saya sudah coba rangkaian yang kang toyo bikin rangkaian inverter yang 500w..saya coba ko ga mau keluar nya ko cuman 50v aja ga nyampe 220 v tr c1061 nya panas banget… tolong dibantu kang apa yang perlu di benahi…..

  65. Uda yusri hamdani bagi dong rangkainnya. Kalau boleh kirim ke email saya widy72@gmail.com. Thank’s

  66. Inverter yang saya butuhkan 12VDC to 12VAC. gmn rangkaiannya?
    misalnya penggunaan aki motor yang 12VDC dirubah menjadi 12VAC.

    Mohon bantuannya. Atasnya saya mengucapkan terima kasih dan semoga bermanfaat untuk semua

  67. kang toyo boleh ga saya minta foto ama rangkaian inverternya yang lebih detail,,soalnya komponennya saya belum jelas,juga gambarnya. juga cara merakitnya,terima kasih,saya sangat berharap

  68. Mas Toyo,

    Minta rangkaian inverter yang menggunakan gelombang sinus..ga murni juga ga papa minimal mendekati…mohon dikirim ke email saya….full5758@yahoo.co.id

  69. mas mau tanya dong . ada tugas kuliah nii merancang inverter 12vda to 220vac kapasitas 100 watt dengan menggunakan SWITCHING SCR , , itu gmn yaa ?? rangkaiiannya seperti apa ?? apakah sama dg yg diatas ?? tolong dijawa secepatnya ya mas , terima kasih ,

  70. Mas ma kasih aku tadi copy wiring diagramnya,

  71. kangtoyo,
    saya mau minta tolong untuk di bikinin skema alat terapi listrik semacam inventer dari dc to ac dengan keluaran arus yang kecil,atau kalo tdk menganggu sekalian uji rakitannya.kirim ke email saya di misbahudin60@ymail.com atau ph 085210875000 karena sy sangat membutuhkan.sekian matur suwon

  72. hy

  73. Ass,kang toyo?aq mau tanya.klo 3055 dipararel dengan irfz44 pd inverter bisa ngak kang.maklum awam elektro

  74. bagus sekali artikelnya.ni q lagicobabkn step up 220va

  75. haloo.. kang maf baru bergabung nh,mo tanya?.. aku coba pake aki 12v/5ah.dan pake trafo 2a,tapi ko aku coba menyalakan kipas angin 220v 45w malah ga bisa ya?.tolong solusinya….

  76. mas maf bru bergabung .saya bikin inverter pake trafo 2A. dan tr 2n3055 ,aki motor 5a/12v.tapi ko untuk menyalakan kipas 45w/220v g bsa y? malah putaranya pelan .tolong jelas kan?.klo bisa sms ke hp saya ja 021-99250692

  77. kang gimana sih prinsip kerja mesin las inverter,

  78. mas kalau trvonya jenis step dwn bisa misalkn di balik, kalau ingin keluaran arusnya sinus ditambah apa mas belm ngerti, mhon d jlaskan mas.

  79. […] Teratas Membuat Inverter DC to AC12 VDC to 220 VAC-inverter with IC 4047Simple Flyback Driver for Plasma's ReaktorINVERTER 24 V-dc TO 220 V-ac 300 WATTMEKANISME ROBOT BAGI […]

  80. bs mnta rincian komponen n biayanya gak mas?

  81. ass mas toyo punya rangkaian inverter yg pake transistor ga ,mhon bantuannya klo ada kirim by email aja ninamala2395@yahoo.com.maksih mas sebelumnya

  82. kita bisa dapat ngak alamat komplet mas, untuk kita kunjung mau beli rangkain nya……………….frlelemo@gmail.com

  83. assalamu alkum…salam kenal kang..
    kalau mw bikin inverter trus pake IRF540 komponen pendukungnya apa saja..trims

  84. pak saya minta gambar rangkaian inverter yang bisa untuk menggerakkan pompa air 125 watt. trims

  85. mas trafo las inverter api las gak keluar udah diganti dioda kaki 3, n30u60 meletus terus (krn gak pake mosfet) merk essern mma 90, apanya ya mas? tlg kirim jawaban.ke lilik_kesumatek@ymail.com

  86. ass………mas bisa kirim kan rangkaian inverter

  87. bos inventer tu cara krjany sama gak dngn cdi dc (sogun110)
    Tolong sms ke 085292535531
    Mksih

  88. mas , saya juga pengen rangkaian inverter yg 1000 watt ya….
    n tolong sebutin nama 2 alat – alat nya juga ya…, biar mudah nyari in d toko nya..
    tolong kirim k email saya ya…

    makasih banyak…

  89. besar dayanya berapa?????

  90. pak bro,kl trafonya tuh harganya kisaran brapa? minta rangkaian(lengkap) charger accu 12 v donk.. bwt ujian ni pak.

  91. Pak bro, trafo step up sama step down mahalan mana ya di pasaran? minta rangkaian charger accu 12 v ( lengkap) sualnya buat ujian. Matur tenkyu…

  92. Mas boleh nanyak, bgmna cara menentukan fungsi transistor

  93. Assmlkm Kangtoyo …..

    Saya sudah beberapa kali membuat inverter tapi selalu gagal .

    Boleh tidak saya membeli product dari kangtoyo yang pernah akang buat . ( saya perlu power inverter 2000 watts ) atau jika tidak bisa saya mau beli PCB layout nya saja dan schematic inverter 2000 watt .( semakin besar wattsnya juga gak masalah )

    Alamat email saya andi>tech1@yahoo.co.id

    Saya sangat perlu sekali .

    Terima kasih banyak atas bantuannya.

  94. transistor ada 3 kaki,yaitu basis colector emitor,,,…kaki basis itu digunakan utk arus masuk,,,klo colctor difungsikan utk arus negatif,,dan kaki emitor difungsikan arus keluar,,ini untuk fungsi umum,,,perlu diperhatikan lg yg lain,,,krna transistor terdiri berbagai mcm jenis dan kgunaanya…thnxs

  95. Bagaimana cara gulung trafo ct10 amper murni mengunakan email berapa

  96. kang toyo aq pernah coba rangkaian ini tp tr.1060 sy ganti pake tr.d313 tapi trx panas terus kalau saya gabun sama tr.3055 kira-kira permasalahanya dari apax ya? mohon penjelasanx.saya pake trafo bekas ups prolik 600 strum mau keluar bila tr.3055 g saya pasang tapi kalau saya pasang tr.3055 nya setrum mau keluar tp tr D313 nya panas sekali

  97. Kang mau tanya, bisa nggak Jengkolnya diganti pake TIP 3055 ?

  98. mas mau nanya..
    ada gak jenis thyristor jengkol yang sama dengan thyristor irf z44?

  99. bos pusing dan boke benerin mesin las engga benar2.troble engga ada output ser dong pusing nih plees

  100. mas mau tanya cara perhitungan hambatan-hambatannya bagaimana mas rumusnya? jawab di emailku aja mas….

  101. saudara2ku yg baik2 anda sing sabar
    karna nyang punya blok lagi beranak dan sakit gigi
    jadi mo jawab tunggu sepoloh taon lagi wak wak wak

  102. Kang toyo saya pembaca baru blog ini..kang mau tanya saya ada kebutuhan untuk inverter 2000 watt, mungkin kang toyo bisa membantu saya untuk mebuatkannya?biayanya tolong di emailkan ke harfy_tower@yahoo.com terima kasih kang

Berikan Balasan

Ikuti

Get every new post delivered to your Inbox.

Bergabunglah dengan 28 pengikut lainnya.

